12 Macam Kain Sutra Halus

Advertisemen

Kain sutra sering disebut juga sebagai ratunya kain. Kain ini terkenal karena kemewahan dan kekuatannya sejak ribuan tahun yang lalu, pertama kali ditemukan oleh bangsa China dan kini telah tersebar di semua negara. Kain ini membutuhkan penanganan/handling khusus, karena beberapa jenis sutra sangat rentan dan mudah rusak.


Beberapa jenis kain Sutra, antara lain adalah :

1. Sifone/Chiffon

Sutra transparan yang sangat kuat dan bagus, cukup sulit handlingnya. Biasanya digunakan untuk pakaian acara tertentu dan over-blouse.

2. Crepe De Chine/Kain krep

Berat medium, bentuk kainnya seperti kain kusut bekas perasan cucian . jadi agak kusut-kusut gitu.Medium weight, with an uneven surface due to the twisted silk yarn used.

3. Duchesse Satin

Kain satin “terberat” dan mahal, biasanya digunakan secara exclusive untuk busana acara tertentu.

4. Dupion, Hand-Woven

Jenis kain sutra yang paling populer. Rajutan kainnya yang khusus memiliki ciri bintil-bintil yang banyak (agak kasar gitu). Handling bahan lebih mudah. Biasanya digunakan untuk dres, jaket dan busana untuk acara tertentu.

5. Dupion

Mirip dengan nomor 4 tetapi rajutan menggunakan material yang lebih lembut untuk bintil-bintil di kain. Biasa digunakan untuk dress, jaket dan busana untuk acara tertentu.

6. Georgette

Sutra yang lembut dan seperti film transparan. Biasa digunakan untuk loose-fitting overshirt dan busana untuk acara tertentu.

7. Habutai

Berasal dari Jepang, sutra yang lembut dan halus, juga biasa digunakan untuk media melukis. Kain ini biasa dibuat shirt dan blouse.

8. Matika

Bahan sutra yang tidak terlihat seperti sutra pada umumnya, karena coraknya seperti kain linen. Biasa digunakan untuk jaket, dress dan celana.

9. Organza

Kain tipis dengan penampilan yang krispy dan mudah kusut. Biasa digunakan untuk blouse tipis dan interlining.

10. Satin

Sutra campuran dengan satin yang beratnya ada yang sangat ringan sampai berat. Digunakan untuk membuat blouse, dress dan busana untuk acara tertentu.

11. Campuran Sutra dan Wool

Kain ini dihasilkan dari campuran serat sutra dengan wool. Biasa digunakan untuk setelan, rok, celana dan coat.

12. Taffeta

Kain yang lembut dengan tampilan yang krispy. Jika dikenakan akan mengeluarkan suara yang “srek”. Handlingnya khusus dan kurang nyaman untuk dipakai. Biasa digunakan untuk busana acara tertentu.

Nah dari ke 12 bahan sutra diatas, yang sering saya temui dan beli atau jahit sih antara lain : Taffeta, Dupion, Satin, Organza dan Sifone/Chiffone, sedangkan yang lainnya belum pernah

Harap di perhatikan, untuk tipe bahan sutra ini, ongkos jahitnya di RJH berbeda dengan bahan biasa seperti katun ya ^_^ , karena handlingnya lebih sulit dan butuh kehati-hatian ^_^, termasuk juga ketika dikenakan oleh anda ya, perhatikan kalau ini bahan sutra bukan denim yah ^_^
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 MOUWO - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger